Apakah Hipnotis itu?

Hipnotis adalah suatu keadaan yang muncul secara alami dimana kesadaran seseorang menjadi lebih mudah untuk menerima sugesti dari luar.  Keadaan hipnotis meningkatkan memori dan persepsi, serta bisa menjadi pemicu penyembuhan, peningkatan kreatifitas dan perbaikan kualitas hidup lainnya.

Bagaimana Cara Kerja Hipnotis?

Keadaan hipnotis secara otomatis terjadi kapan saja seseorang sangat rileks atau sangat fokus,  misalnya ketika menyetir mobil, membaca buku yang menarik maupun menonton film. Para hipnoterapis profesional dapat membantu memasuki keadaan hipnotis dan mendorong perubahan yang diinginkan dengan sugesti hipnotis yang dibuatnya.

Apakah Semua Orang dapat Dihipnotis?

Siapapun yang ingin dihipnotis, akan dapat dihipnotis dengan baik, karena keadaan hipnotis adalah keadaan yang sangat alamiah.

Apa Yang Dirasakan Seseorang Saat Dihipnotis?

Sebagian besar klien hipnotis mengalami perasaan yang sangat rileks dan damai.  Sensasi yang umum dirasakan antara lain rileks yang dalam, rasa seperti kesemutan atau baal, rasa berat atau rasa mengambang, rasa ingin menelan air liur lebih sering, sentakan bagian tubuh secara tiba-tiba, getaran bola mata, dan perubahan dalam pola bernafas.  Secara umum, klien dapat mendengar 50-100% dari apa yang dibicarakan saat sesi hipnotis, selain juga sadar akan suhu udara dan suara disekitarnya.  90% orang biasanya menjadi lebih sadar waspada saat dihipnotis dibanding keadaan normal  .Sekitar 10% orang menjadi sangat rileks yang dalam sehingga terkadang mereka tidak ingat sepenuhnya, namun sebagian besar orang dapat mendengar dan mengingat pengalaman hipnotisnya.

Pandangan Umum yang Keliru Mengenai Hipnotis

Bertentangan dengan pemahaman orang awam, hipnotis tidak sama dengan tidur atau keadaan tidak sadar.  Ketika dihipnotis, biasanya klien dapat mengingat sebagian besar hal yang dibicarakan.  Klien tidak kehilangan kendali diri selama sesi hipnotis, dan dapat memilih untuk tidak menerima sugesti yang diberikan oleh hipnoterapisnya. Hipnotis membuat orang lebih mudah untuk melakukan perubahan namun hampir tidak pernah memaksa perilaku orang yang bertentangan dengan nilai moral pribadi orang tersebut.

Apa yang Terjadi Bila Saya Tetap Dalam Keadaan Terhipnotis?

Tidak perlu kuatir! Anda akan kembali ke keadaaan normal sebagaimana dipandu oleh hipnoterapis Anda.  Keadaan hipnotis secara otomatis akan berhenti sesuai kebutuhan dan keinginan klien – termasuk ketika melakukan hipnotis diri sendiri (self hypnosis).

Apakah Saya Harus Mencapai Keadaan Hipnotis yang Sangat Dalam untuk Mencapai Hasil Terapi?

Tidak sama sekali! Dalam banyak kasus, keadaan hipnotis yang ringan sama efektifnya dengan yang dalam.

Apakah Hipnotis Ini Benar-Benar Terapi yang Efektif?

Ya, dan ini juga merupakan salah satu terapi yang sangat aman, nyaman dan alamiah.  Hipnoterapi ini membantu Anda mengarahkan pikiran dan mencapai hasil yang Anda inginkan.