Ketika hipnosis pernah dianggap sebagai formula baru pengobatan, hari ini hipnosis mendapatkan popularitasnya untuk membantu mengatasi banyak hal seperti merokok, berat badan dan stres.

Dalam kasus-kasus ringan, di mana seseorang mengaku sulit mengatasi kebiasaan atau penyakitnya namun ingin tersembuhkan, saran postipnotik dapat membantu mereka mengendalikan pernapasan, memperlambat denyut jantung, dan mencapai keadaan pikiran yang rileks. Hal ini memungkinkan mereka mengatasi masalah secara tenang dan rasional.

Banyak kasus yang parah seringkali hasil dari peristiwa traumatis masa kanak-kanak. Sebagian besar waktu, peristiwa tidak bisa lagi diingat oleh pikiran sadar, tetapi masih disimpan dalam alam bawah sadar. Dalam kasus ini, hipnoterapi akan memperlakukan kemunduran usia.

Kemunduran usia merupakan salah satu alat yang paling kuat yang tersedia untuk hipnoterapi. Dengan itu terapis dapat menuntun orang tersebut kembali ke masa lalu, dan membantu mereka memeriksa kembali peristiwa yang awalnya memicu rasa takut dari sudut pandang obyektif. Setelah penyebabnya diungkapkan, kehilangan kontrol ketakutan disingkirkan.

Menggunakan farmakologi untuk mengobati fobia umumnya bukan merupakan fenomena yang luas. Kebanyakan terapis lebih memilih untuk menjelajahi beberapa jenis terapi perilaku kognitif dalam rangka memerangi stres yang menghalangi situasi kecemasan.

Ada kalanya obat dapat bermanfaat, tetapi ini biasanya dalam situasi yang menghasilkan kecemasan ekstrim sepanjang waktu dan dapat diobati secara efektif dengan antidepresan, seperti agorafobia atau gangguan kecemasan umum.

Situasi lain dimana obat yang mungkin cocok adalah dengan obat-obatan yang dapat mengurangi saraf seperti Valium atau Ativan. Jenis obat akan digunakan, misalnya dengan orang-orang yang takut pada situasi sosial atau takut terbang.

Dengan Araknofobia, alat mengurangi ketakutan yang paling efektif adalah dengan terapi. Sangat jarang araknofobi yang diberikan obat untuk mengobati fobia mereka. Karena fobia sangat nyata bagi mereka yang menderita dari mereka dan sering kali dapat menyebabkan serangan panik mendadak. (phobiaofcommitment.com/bun)