MESKI imut, jeruk nipis yang biasa digunakan untuk menambah rasa segar pada berbagai jenis makanan ternyata memiliki faedah lain, di antaranya:

1. Penghilang noda
Zat asam sitrat kapur pada jeruk nipis ampuh menyingkirkan noda yang membandel pada peralatan rumah tangga Anda, seperti kotoran yang menempel pada microwave. Maka itu, tak mengherankan apabila sari jeruk nipis kerap digunakan pada berbagai produk cairan pembersih. Namun, Anda juga bisa membuat pembersih ala Anda sendiri. Cobalah tips ini, tuangkan tiga sendok makan perasan jeruk nipis pada mangkok yang telah diisi air dan taruhlah di dalam microwave hingga mendidih. Biarkan selama beberapa menit, keluarkan dari microwave. Kemudian dengan menggunakan spons, sapulah permukaan di dalam microwave. Niscaya microwave akan kembali bersih dan mengilap serta beraroma segar jeruk nipis.

2. Pencerah kulit
Tak hanya noda pada peralatan rumah tangga, jeruk nipis juga dapat menyingkirkan sel-selkulit mati pada tubuh. Cobalah cara berikut: Campurkan tiga sendok makan minyak zaitun, satu sendok madu, dan perasan setengah buah jeruk nipis, serta dua sendok garam laut ke dalam satu mangkuk. Setelah itu, oleskan dan gosok perlahan ke seluruh tubuh dengan gerakan memutar lalu diamkan hingga mengering. Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis akan menyegarkan kulit, sementara asam dan kandungan garam akan mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Penangkal penyakit
Tambahkan perasan jeruk nipis ke satu gelas the hijau sebagai minuman kesehatan. Vitamin C pada jeruk nipis akan membeaskan lebih banyak zat catechin pada the hijau. Catechin adakah zat antioksidan yang dipercaya dapat menangkal penyakit jantung, stroke, dan kanker