TEKANAN darah tinggi seringkali disebut sebagai pembunuh diam-diam karena seringkali muncul tanpa disadari. Menurut American Heart Association, 1 dari 3 penderita hipertensi sama sekali tidak menyadari hal tersebut. Karena itu, ada baiknya melakukan tindakan pencegahan sejak dini. Di samping bisa menghindarkan Anda dari risiko penyakit jantung, cara-cara pencegahan tersebut sangat sederhana dan bisa dipadukan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Berikut beberapa tip yang bisa membantu Anda menghindari dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Berhenti merokok. Kebiasaan buruk ini bisa melipatgandakan risiko Anda mengalami penyakit jantung. Satu studi menemukan, perokok memiliki tekanan darah 10 poin lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Kurangi asupan alkohol. Alkohol bisa menaikkan tekanan darah. 2 takar atau lebih minuman per hari, bisa sangat membahayakan kesehatan Anda.

Kurangi penggunaan garam. Garam berlebih bisa memicu hipertensi pada beberapa orang. Karena itu, ada baiknya memperkaya rasa makanan dengan rempah-rempah, herbal atau perasa yang tanpa garam.

Menurunkan berat badan. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, tingkatkan latihan fisik dan ikuti pola diet sehat untuk menurunkan berat badan Anda. Menurunkan berat badan sekaligus juga membantu Anda menurunkan tekanan darah.

Konsumsi makanan kaya serat. Buah-buahan dan sayuran segar bisa menjadi pilihan Anda dalam menurunkan berat badan.

Pola diet rendah lemak jenuh, total lemak dan kolesterol. Pilihlah produk-produk susu yang bebas lemak atau rendah lemak. Makanan ini biasanya kaya akan kalium, kalsium, magnesium dan protein.

Jangan lupa obat anti-hipertensi Anda. Jika sedang berobat, jangan lupa meneruskan penggunaan obat sesuai dengan anjuran doketr.

Latihan fisik. Latihan fisik bisa mengontrol berat badan dan menurunkan tekanan darah. Tapi, tidak perlu berlebih. Mulailah dengan jalan kaki, berenang, jogging atau bersepeda.

Belajarlah mengukur tekanan darah Anda sendiri. Hal ini akan membantu Anda membatasi hal-hal yang bisa memicu peningkatan tekanan darah. Tetapi, pastikan dulu ke dokter kalau alat yang Anda gunakan akurat.

Hindari obat-obatan yang bisa diperoleh tanpa resep dokter. Khususnya obat decongestan. Obat-obat untuk mengatasi flu, batuk, atau masalah sinus biasanya berakibat buruk pada penderita hipertensi.

Sumber : media indonesia