greeneccc.com

greeneccc.com

APAKAH Anda bahagia? Tentu Anda tidak akan seketika menjawab karena pertanyaan mudah ini justru membuat kita berpikir dan mengukur kebahagiaan yang telah kita raih. Sementara tidak ada batasan untuk kata bahagia. Padahal bahagia merupakan salah satu kunci hidup sehat. Anda mungkin sudah sering mendengar berbagai cara untuk hidup bahagia, mulai dari berbelanja, berlibur, hingga melakukan aktivitas menyenangkan lainnya. Berikut beberapa trik sederhana dari Paul McKenna, ahli hipnotis dunia yang paling sukses, untuk membantu Anda meraih dan menambah kebahagiaan.

Audit energi

Menurut McKenna, Anda bisa hidup lebih bahagia dengan menerapkan aturan 80/20.

1. Terapkanlah hukum ini pada orang-orang, aktivitas, dan situasi dalam hidup Anda. Cobalah bertanya pada diri Anda:

Manakah 20% aktivitas Anda yang justru membawa 80% keberhasilan Anda?

Manakah 20% aktivitas Anda yang justru menjadi sumber 80% dari stres Anda?

Manakah 20% aktivitas dan lingkungan hidup di mana Anda mengalami 80% dari kebahagiaan Anda?

Siapakah 20% orang dalam hidup Anda yang menjadi sumber 80% pengalaman terbaik Anda?

Siapa atau apa yang menambah energi? Siapa atau apa yang mengurangi energi Anda?

2. Berdasarkan apa yang telah Anda pelajari, apa yang seharusnya Anda kurangi? Apa yang seharusnya Anda tambah?

3. Dengan siapa seharusnya Anda  menghabiskan lebih banyak waktu? Dengan siapa harus dikurangi?

4. Jika Anda hanya memiliki waktu satu bulan untuk hidup, hal-hal apakah yang bisa Anda lepaskan dan mana yang tidak?

Kenali latar belakang

Saat Anda sedang bergumul dengan stres, setiap hal kecil yang terjadi cenderung menjadi lebih buruk dari yang sebenarnya. Tapi, saat Anda merasa baik, gelombang di lautan pun bahkan tidak akan menggoyahkan Anda. Anda akan berusaha menghadapi setiap masalah.

Kebahagiaan adalah perasaan baik yang lembut namun tidak bisa terpisahkan, terlepas dari apa yang terjadi di sekeliling. Hal ini ditandai dengan tubuh yang nyaman dan relaks serta pikiran positif. Bagaimana cara mencapai tahap ini? Banyak orang menciptakan sikap optimistis hanya dengan fokus pada hal-hal yang membuat mereka merasa nyaman. Sebuah studi yang dilakukan psikolog Dr Robert Holden menemukan, sekelompok orang depresi mengalami perubahan zat kimia otak dan terbebas dari depresi setelah mereka memikirkan hal-hal yang membuat mereka merasa nyaman secara teratur.

Holden meminta partisipan tertawa selama 20 menit sehari dan melakukan aktivitas fisik. Selain itu, mereka juga diminta berpikir positif sepanjang hari untuk memfokuskan kembali perhatian mereka terhadap hal yang positif.
Dalam waktu kurang dari sebulan, mereka telah berhasil memprogram ulang otak mereka untuk menghasilkan perasaan positif yang kuat terlepas dari apa yang terjadi di sekitar mereka. Studi ilmiah ini menunjukkan bahwa partisipan yang depresi tersebut bergerak dari satu ujung ke ujung yang lain, dari seorang yang menderita depresi klinis menjadi seorang optimistis yang bahagia.

Studi lebih lanjut menemukan, 6 bulan kemudian struktur otak para partisipan telah berubah melalui proses tersebut. Artinya, kebahagiaan sudah menyatu dengan sistem tubuh mereka.

Tombol endorphin

Berikut bebrapa tip dari McKenna untuk membantu Anda menciptakan rasa nyaman:

1. Ingatlah momen saat Anda melepaskan endorphin (hormon yang membuat Anda merasa nyaman) seperti saat bercinta, tertawa atau momen bahagia lainnya saat tubuh merasa senang.

2. Kembalilah ke masa-masa tersebut, lihat apa yang Anda lihat sebelumnya, dengar apa yang Anda dengar sebelumnya dan nikmati rasa nyaman yang sebelumnya telah Anda dapatkan.

3. Saat Anda mengenang memori ini, terangkan warnanya dan keraskan suaranya dalam memori Anda.

4. Tekankan ibu jari dan jari telunjuk tangan kanan Anda bersama sebanyak 5 kali berturut-turut saat Anda mengingat kembali memori tersebut.

5. Saat Anda menekankan kedua jari tersebut sambil mengingat kembali kenangan Anda, Anda sudah menciptakan tombol endorphin. Setiap kali Anda mengulangnya, Anda akan merasa lebih mudah untuk relaks. Lepaskan dan tertawakan hal-hal yang sebelumnya mengganggu hidup Anda.

Sumber : mediaindonesia.com