Anda tak sempat sarapan, padahal hari ini Anda akan langsung melakukan serangkaian tugas di luar kantor?

Kudaplah salah satu jenis makanan yang mengandung potassium. Potassium amat baik untuk menjaga kadar gula dalam tubuh kita, dan akan memberikan energi. Hasilnya, meskipun belum makan makanan padat, masih ada simpanan tenaga untuk beraktivitas.

Sumber potassium paling populer bisa didapatkan dari pisang. Padahal, masih banyak jenis makanan lain yang memiliki kandungan potassium yang lebih besar dari pisang.

1. Ubi manis
Ubi merah dikenal sebagai sumber potassium yang tinggi. Satu buah ubi manis mengandung 694 mg potassium atau sekitar 15 persen dari jumlah yang direkomendasikan untuk satu hari.

2. Bit
Tanaman umbi berwarna keunguan ini mulai ditemukan di pasar tradisional maupun di supermarket. Setengah gelas jus bit mengandung 655 mg potassium.

3. Kentang
Kentang punya kadar potassium yang tinggi, yaitu 610 mg untuk satu buah kentang. Namun perhatikan cara pengolahannya, agar tidak malah menimbulkan penyakit baru karena mengolah dengan cara yang kurang sehat.

4. Kacang tanah
Sumber protein nabati yang cukup baik untuk tubuh. Mengonsumsi setengah cangkir kacang tanah akan mendapat asupan 595 mg potassium.

5. Kurma
”Satu butir kurma akan memberikan energi untuk 1 jam”. Pernyataan itu benar adanya. Orang-orang di Timur Tengah mengandalkan buah kurma sebagai cadangan energi saat mereka bepergian jarak jauh. Setengah gelas kurma mengandung 584 mg potassium.

6. Yogurt
Kudapan yang makin populer ini bisa jadi pengganti sarapan Anda. Yogurt merupakan sumber kalsium dan kaya potassium. Yogurt tawar sebanyak 8 ons mengandung 579 mg potassium.

7. Kismis
Anggur yang sudah dikeringkan ini bisa jadi salah satu snack andalan Anda. Kudapan yang kaya gula ini mengandung 543 mg potassium jika disajikan dalam 1/2 gelas. Kismis juga bisa jadi kudapan sebelum Anda mulai berolahraga pagi hari.

8. Kerang
Terkejut? Inilah faktanya: makanan laut ini dalam 3 ons mengandung 534 mg potassium dan 126 kalori.