2009_09_14_04_40_28_artichoke1-d

SELULIT (sindrom kulit jeruk) merupakan gangguan yang umum dialami setiap perempuan yang diawali saat berusia 25-30. Sekitar 85% perempuan diperkirakan menderita selulit, masalah yang disebabkan oleh penumpukan lemak dan cairan ekstra di bawah lapisan luar kulit.  Bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa mencoba berbagai cara. Para pakar menganjurkan Anda untuk berolahraga, menerapkan diet sehat dan memperbanyak minum air putih, melakukan pijat antiselulit secara teratur, serta menggunakan krim antiselulit.

Selulit ini dipicu oleh berbagai faktor mulai dari gangguan aliran darah dan limpa di area tubuh seperti paha, pinggang, pantat, kaki bagian bawah, perut dan bahkan lengan, diet yang tidak sehat, kebiasaan makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik, kurangnya asupan air, perubahan hormon, stres terus-menerus serta faktor keturunan. Nah, selain cara yang dianjurkan di atas, Anda juga bisa mencoba pengobatan herbal yang  dinyatakan efektif dalam memerangi selulit. Berikut beberapa di antaranya.

Artichoke. Tanaman satu ini diklaim sebagai sayuran ajaib karena mempunyai efek penyembuhan. Sayuran dengan bentuk bulat bertangkai, dengan sisik-sisik besar berbentuk segitiga ini bekerja dengan membantu proses detoksifikasi dan membuang cairan dan lemak yang tidak berfungsi di dalam tubuh. Selain itu, sayuran satu ini  juga mempunyai efek positif terhadap sistem pencernaan dan membantu fungsi hati. Para peneliti dari Jerman menemukan, jus artichoke kaya akan flavonoid yang bisa menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh dan meredakan sakit akibat radang sendi. Anda bisa memanfaatkan artichoke dengan cara mengonsumsi sebagai makanan atau  menggunakan larutan atau ekstrak daun artichoke yang tersedia di apotik.

Horsetail Plant. Tanaman yang menyerupai asparagus dan banyak digunakan sebagai tanaman hias di pot ini kaya akan silica, yang sangat bermanfaat dalam menguatkan pembuluh darah. Selain itu, silica juga berfungsi mencegah penyakit arteri dan meningkatkan aliran darah ke area tubuh yang mengalami selulit. Silica juga  membantu menangani tuberculosis, gigi berlubang dan efektif mencegah osteoporosis, osteoarthritis dan penyakit lain yang berkaitan dengan tulang.

Pegagan. Ekstrak tanaman ini berfungsi menstimulasi perkembangan jaringan penghubung yang baik dan menurunkan jumlah kolagen di area tubuh yang mengalami selulit. Selain itu, tanaman ini juga membantu menguatkan pembuluh darah mikro dan memperlancar aliran darah lokal. Ekstrak tanaman ini sangat dianjurkan untuk mengatasi  selulit. Anda bisa mendapatkannya dari Apotik terdekat.

Rumput laut. Rumput laut sangat dianjurkan sebagai pengobatan herbal untuk mengontrol berat badan. Rumput laut mengandung yodium, elemen yang sangat penting dalam mengatur fungsi normal kelenjar tiroid yang berperan penting dalam proses metabolisme. Karena itu, rumput laut bisa membantu menstimulasi proses-proses kimia di dalam tubuh, termasuk mengeluarkan racun-racun dan elemen berbahaya lainnya. Anda bisa mengonsumsi ekstrak rumput laut dalam bentuk tablet atau suplemen.

Ginkgo Biloba. Tanaman ini sangat populer dan dinyatakan efektif untuk mengatasi berbagai gangguan yang berkaitan dengan pembuluh dan sirkulasi darah. Ginkgo membantu menormalkan aliran darah ke lengan dan kaki, membantu mengeluarkan kelebihan cairan dan mencegah selulit.

Tanaman anggur. Tanaman satu ini mempunyai efek yang sama dengan ginkgo. Ekstrak tanaman ini kaya akan flavonoid dan tanin, yang sangat penting untuk menguatkan pembuluh darah dan limpa. Anda bisa menggunakan ekstrak kering yang dijual di apotik.  (OL-08)

Sumber : mediaindonesia.com