Sumber : kompas.com

gettyimages

Meski memiliki berbagai keterbatasan selama berpuasa, bukan berarti aktivitas kita hanya diisi dengan tidur atau bermalas-malasan. Agar tetap bugar, olahraga sebaiknya tidak ditinggalkan.

Prinsip olahraga yang dilakukan pada saat berpuasa adalah pemeliharaan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Artinya, harus mampu melancarkan aliran darah dan melenturkan otot-otot, jantung lebih aktif, dan zat asam atau oksigen lebih banyak terhirup sebagai proses metabolisme tubuh.

Menurut Komite Olimpiade Internasional, puasa tidak berdampak atau hanya memiliki dampak kecil terhadap kesehatan atau penampilan sebagian besar atlet di lapangan. Karena itu, olahraga tidak dilarang untuk orang yang berpuasa.

Lagi pula, bila puasa hanya diisi dengan melamun atau bermalas-malasan, itu justru bisa membuat rasa lapar dan lemas lebih terasa. Ini akibat dari penurunan gula darah yang berlebihan yang akan membuat seseorang bertambah lemas dan perut semakin keroncongan.

Itu sebabnya, olahraga dan segala jenis aktivitas fisik harus tetap dilakukan seperti biasa untuk mencegah gula darah turun berlebihan. “Dengan berolahraga, sel-sel akan tetap aktif, kemampuan paru-paru menerima oksigen juga lebih baik,” kata dr Samuel Oetoro, ahli gizi dari Semanggi Spesialist Clinic Jakarta.

Kendati demikian, menurut Samuel, olahraga harus dilakukan pada waktu yang tepat. “Banyak orang yang sesudah sahur justru berjalan-jalan atauĀ jogging. Ini justru bisa membuat tubuh dehidrasi karena kebutuhan tubuh akan cairan tidak bisa langsung digantikan,” katanya. Kalau sudah begini, tubuh akan lemas dan mengganggu keseimbangan di dalam tubuh.

Olahraga di bulan puasa, papar Samuel, sebaiknya dilakukan 30 menit sebelum waktu berbuka puasa. Hal ini agar setelah selesai berolahraga, kita bisa langsung minum untuk menggantikan cairan yang hilang lewat keringat.

Kegiatan olahraga yang disarankan sebaiknya yang intensitasnya ringan atau sedang. Tujuan olahraga di bulan puasa adalah menjaga kebugaran, bukan untuk mencapai prestasi. Olahraga yang melibatkan banyak orang juga akan membuat kita lupa akan rasa haus dan lapar. Selain itu, kenakan pakaian yang nyaman saat berolahraga agar keringat cepat kering.

Terakhir, agar kegiatan olahraga di sore hari berjalan lancar, jangan lupa untuk sahur dengan menu yang seimbang untuk memberi gizi lengkap bagi tubuh dan cadangan energi sepanjang hari. Selamat berolahraga!