warna-warni sayur dan buah

warna-warni sayur dan buah

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, warna-warna makanan juga dapat membantu menciptakan emosi (mood).

Merah
Ketika sedang merasa lelah dan kurang semangat, cobalah mengonsumsi bahan pangan dari kelompok warna merah yang kaya energi. Sebaliknya, hindari bahan pangan kelompok merah jika emosi negatif sedang tinggi atau sedang ingin relaks. Contoh bahan pangan kelompok merah adalah stroberi, tomat, paprika merah, dan bit.

Jingga
Ketika sedang kekurangan energi, tertekan, bimbang atau menemui hambatan, konsumsilah bahan pangan dari kelompok warna jingga yang menimbulkan aura sukacita.
Contoh bahan pangan kelompok kuning adalah pisang, naans, timun suri, blewah, kesemek, labu kuning, paprika kuning, dan singkong mentega.

Hijau
Ketika sedang cemas, gelisah, dan khawatir, tenangkan diri dengan mengonsumsi bahan pangan berwarna hijau. Contoh bahan pangan kelompok hijau adalah apel hijau, kiwi, avokad, asparagus, bayam, brokoli, dan selada.

Biru
Usir rasa lelah dan khawatir dengan bahan pangan warna biru yang dapat mengembalikan rasa nyaman. Mengonsumsi bahan pangan berwarna biru sama dengan melakukan relaksasi.

Contoh bahan pangan warna biru memang sedikit, diantaranya spirulina. Warna hijau pada spirulina disebabkan oleh kandungan pigmen klorofil, sedangkan warna birunya dari pigmen phycocyanin.

Ungu
Ketika sedang membutuhkan motivasi dan ingin mewujudkan suatu keinginan, pilihlah bahan pangan berwarna ungu karena warna ini dapat membakar semangat.

Contoh bahan pangan kelompok warna ungu adalah anggur, jamblang, aneka jenis beri, markisa medan, terung ungu, kol ungu, paprika ungu, dan bawang merah.