nyamuk31

Meski kecil tapi gigitan si nyamuk bisa berbahaya. Bukan cuma menimbulkan gatal tapi juga penyakit yang membahayakan nyawa. Sebenarnya kalau diperhatikan ada orang-orang tertentu yang disukai nyamuk.

Fenomena pilih-pilih sasaran oleh nyamuk ini rupanya menarik bagi para ahli. Menurut Jerry Butler, PhD, profesor emeritus dari Universitas Florida, sekitar 1 dari 10 orang adalah favorit nyamuk. Tetapi darah yang dihisap bukan untuk makanan. Nyamuk betina, nyamuk jantan tidak menggigit, membutuhkan darah manusia untuk mengembangkan sel telur.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mencari tahu ciri-ciri tertentu yang disukai nyamuk. “Ada bebauan tertentu yang disukai nyamuk,” kata Joe Conlon, PhD, penasehat ahli dari American Mosquito Control Association. Namun dengan adanya 400 jenis bau yang diuji, butuh waktu panjang untuk memecahkan misteri ini.

Menurut para ahli, ada elemen kimia tertentu dalam kulit kita yang menarik nyamuk untuk mendekat. “Orang-orang dengan kadar steroid yang tinggi juga kolesterol yang ada di permukaan kulit sangat disukai nyamuk,” kata Butler.

Nyamuk juga diketahui menyukai orang yang kelebihan zat asam, seperti asam urat. “Zat kimia ini merangsang penciuman nyamuk dan memikat nyamuk untuk mendarat di kulit,” kata John Edman, PhD, juru bicara Entomological Society of American.

Ditambahkan oleh Edman, nyamuk sudah tertarik untuk menggigit seseorang jauh sebelum ia mendarat. “Nyamuk bisa mencium mangsanya dari jarak 50 meter,” ujarnya. Karbondioksida yang dihembuskan dari napas kita juga memancing liur nyamuk. Makanya ibu hamil adalah salah satu target nyamuk untuk digigit. Ini karena saat hamil seorang wanita memproduksi karbon dioksida dalam jumlah besar.
AN
Sumber : WebMD